Rakyat Jadi Penonton Setia ETMC 2019, 50 Miliar APBD Malaka Untuk ETMC.

Read Time4 Minutes, 12 Seconds

Timorpost.com – Malaka – El Tari Memorial Cup (ETMC) yang merupakan turnamen bergengsi sepak bola antar tim kabupaten se- Provinsi Nusa Tenggara Timur telah usai Ps.Malaka berhasil menjadi juara.

Liga 3 Sepak Bola El Tari Memorial Cup (ETMC) Tahun 2019 di Kabupaten Malaka memperebutkan total hadiah uang tunai mencapai Rp. 570 Juta, selain trofi bergilir.

Total hadiah ETMC 2019. Bagi empat tim yang berhasil lolos ke semi final akan memperoleh hadiah masing-masing sesuai kategori Rp.250 Juta untuk Juara I, Rp. 150 Juta  untuk juara II,  Rp. 75 Juta untuk juara III dan Rp. 50 Juta  untuk juara IV.

Selain hadiah untuk empat kategori juara tersebut, adapun hadiah diberikan kepada Tim Fair Play sebesar Rp. 25 Juta , Pemain terbaik dan Top Scorer masing-masing Rp. 10 Juta. Jelas, total hadiah pada ajang tertinggi sepak bola di Nusa Tenggara Timur tersebut adalah Rp.570 Juta.

Ha yang disungguhkan Kabupaten Malaka menjadi tuan rumah pada turnamen tahun 2019 yang menggunakan nama Gubernur Pertama Nusa Tenggara Timur ini.

Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Malaka yang merupakan kabupaten baru, sangat antusias untuk menghadapi turnamen Sepak Bola paling bergengsi di Provinsi Nusa Tenggara Timur tersebut, dengan melakukan berbagai persiapan hingga acara puncaknya.

Untuk memeriahkan El Tari Memorial Cup (ETMC) 2019, Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka pun tak main-main, menggelontorkan uang sebesar 50 Miliar lebih bersumber dari APBD.

Pada acara ini stadion BETUN dijadikan stadion pembuka ETMC 2019 pada 5 juli lalu,  sebab Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran meyakinkan bahwa, penyelenggaraan ETMC 2019 di Kabupaten Malaka menjadi yang terbaik dalam tempo seratus tahun ke depan.

Akibat masih kurangnya perhotelan pada kabupaten yang masih belia ini, penginapan disiapakan oleh panitia secara gratis, yang khususnya untuk para kontingen ETMC. Dikatakan, Penginapan dibangun pada sekolah terdekat. Ruangan kelas atau sekolah diberikan tempat tidur terbaik untuk para kontingen.

Keberhasilan penyelenggaraan ETMC 2019 ini, bukan keberhasilan dirinya sendiri sebagai bupati, akan tetapi keberhasilan panitia, pejabat, dan masyarakat Malaka yang telah banyak membantu dalam penyelenggaraan ETMC 2019 ini.

Berikut Anggaran EMTC sebesar 50 Miliar Rupiah bersumber APBD Malaka 2019 yang berhasil dihimpun oleh media ini:

1. Pengadaan Alat Rumah Tangga Lainnya (Home Use) bersumber dari satuan kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, sebanyak Rp 1.544.070.000,00. Anggaran ini disiapkan untuk fasilitas penginapan bagi para kontingen yang menggunakan 22 sekolah yang tersebar di wilayah Malaka. Proyek pengadaan ini dikerjakan oleh Cv. Putri Tunggal yang beralamat di Jl. Kirab Remaja Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Timor Tengah Utara, Provinsi NTT.

2. Belanja pakaian olahraga. Kategori pengadaan pakaian atau perlengkapan untuk tim tuan rumah yang diambil dari Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga dengan anggaran Rp 330.500.000,00. Proyek pengadaan pakaian olahraga tersebut dilakukan oleh, CV. Putri Tunggal.

3. Perbaikan saluran dan timbunan galian C pada sekeliling lapangan Betun. Perbaikan saluran ini dibebankan kepada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dengan menyiapkan anggaran sebanyak Rp 375.000.000,00. Paket ini dikerjakan oleh CV. Kasih Jaya yang beralamat di Jl. KH. Dewantoro, Kel. Berdao, Atambua Barat, Kabupaten Belu.

4. Pembangunan panggung pada lapangan Betun yang juga merupakan lapangan yang akan digunakan untuk ETMC 2019. Proyek ini dibebankan kepada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dengan menelan anggaran sebesaar Rp 480.000.000,00. Paket ini dikerjakan oleh CV. Hidup Baru yang beralamat di Umatoos, RT.001 RW.001, Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka.

5. Pengadaan dan pemasangan instalasi lampu sorot lapangan sepak bola dengan kategori pengadaan barang instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka. Pekerjaan ini dibebankan kepada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dengab anggaran sebanyak Rp 6.000.000.000,00. Proyek ini dikerjakan oleh PT. Jafri Sentosa yang beralamat di Ruko Mall Klender Blok BIII No.19 Lt.1 Jl. I Gusti Ngurah Rai Kel. Klender Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

6. Rehab lapangan sepak bola Besikama dengan kategori pekerjaan konstruksi instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka. Paket ini dibebankan kepada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dengan menelan anggaran sebanyak Rp 350.000.000,00. Pekerjaan ini dikerjakan oleh CV. Kasih Jaya Alamat. Jl. KH. Dewantoro, Kelurahan Berdao, Atambua Barat, Kabupaten Belu.

7. Rehab lapangan umum Kota Betun dengan kategori pekerjaan konstruksi Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka. Pekerjaan ini kembali dibebankan kepada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dengan menelan anggaran sebanyak Rp 750.000.000,00. Paket ini dikerjakan oleh CV. Raymond yang beralamat di Jl. Adi Sucipto, Kabupaten Belu.

8. Pembangunan MCK 4 pintu dan instalasi tandon air pada 22 sekolah dengan kategori pekerjaan konstruksi instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka. Pekerjaan ini juga dibebankan kepada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dengan menelan anggaran sebanyak Rp.3.300.000.000,00. Paket ini dikerjakan oleh PT. Layana Timorindo Investama yang beralamat di Jl. R. Suprapto No. 37 – Kelurahan Oebobo – Kupang (Kota).

9. Anggaran alokasi untuk kepanitiaan ataupun anggran operasional kegiatan ETMC senilai 11 Miliar Rupiah yang diambil dari APBD murni.

10. Anggran yang disediakan untuk Hamata Bupati dan DPRD sebanyak ratusan jutaan yang diambil dari APBD murni.

11. Anggaran uang saku para pemain Persap Malaka sebesar 1 Miliar Rupiah yang diambil dari APBD Murni.

12. Biaya kerja sama media liputan ETMC Ratusan juta yang diambil dari APBD murni.

13. Biaya Live streaming TVRI sebesar Rp 200 juta lebih yang diambil dari APBD murni.

Selain beberapa anggaran di atas, masih ada beberapa anggaran tambahan yang total semuanya mencapai 50 Miliar Rupiah yang diambil dari APBD Malaka 2019. (Red/Timorpost.com)

0

0

0 %

Happy

0 %

Sad

0 %

Excited

0 %

Angry

0 %

Surprise

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: