Connect with us

National

Patung Bunda Maria di Teluk Gurita Atambua Jadi Incaran Traveller di Tahun 2020

Published

on

Read Time1 Minute, 52 Second

TIMORPOST.COM/BELU – Atambua ibukota Kabupaten Belu di Nusa Tenggara Timur, kini menjadi pusat perhatian para wisatawan serta pemburu travelling dari berbagai pelosok.

Atambua Kota BERIMAN, mottonya. Menjadikan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste ini terus berbenah dari berbagai sektor terus dikebut, demi menunjang akses ke Kabupaten Belu.

Kini warga di Kabupaten Belu boleh berbangga, karena proses pembangunan Patung Bunda Maria setinggi 32 meter sudah rampung. Adapun lokasi berdirinya patung ini berdekatan dengan Wisata Kolam Susuk.

Lokasi Patung Bunda Maria Penolong Segala Bangsa Teluk Gurita. 

Untuk mendukung sektor pariwisata di Kabupaten Belu, pemerintah telah mengalokasikan anggaran Rp 16 M untuk pembangunan Patung Bunda Maria di Teluk Gurita, Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak.

Dana senilai Rp 16 M ini untuk membiayai dua item pekerjaan yakni, pembangunan patung dan pembangunan pelataran (landscape).

Keberadaan patung ini akan menambah daya tarik wisata di Kabupaten Belu sehingga mendongkrak perekonomian nasional, provinsi dan Kabupaten Belu sendiri serta berdampak langsung pada perekonomian masyarakat.

Untuk diketahui, Patung Bunda Maria yang dikerjakan setinggi 32 meter. Sementara tempat pentatakan patung setinggi 9 meter, maka ketinggian patung setelah dibangun mencapai 41 meter.

Proyek pembangunan patung dikerjakan PT Enviture Mulai Persada selama 210 hari terhitung tanggal kontrak 17 Mei 2019. Proyek ini dibiayai APBD II Kabupaten Belu tahun 2019 senilai Rp 15,8 M.

Patung Bunda Maria ini dibangun dari bahan pasir silika dan perunggu. Berat patung sebesar 45 ton.

Wisata Rohani dan Ikon Kabupaten Belu. 

Selama ini kita mengenal Patung Bunda Maria Bukit Nilo di Maumere, Flores. Kini, di Pulau Timor, tepatnya di Kabupaten Belu, terdapat Patung Bunda Maria tertinggi. Tingginya mencapai 32 meter, jika ditambah pelataran bisa mencapai 41 meter. Sedangkan Patung Bunda Maria Bukit Nilo hanya mencapai 28 meter.

Patung Bunda Maria Penolong Segala Bangsa, di bukit Teluk Gurita menjadi kawasan Wisata Rohani untuk masyarakat di sekitarnya serta tempat berziarah bagi Umat Katolik.

Terbuka untuk umum. Dengan akses yang mudah dari Kota Atambua, serta belum menunjangnya fasilitas disekitar lokasi. Tapi tenang, Lokasi patung ini berdekatan dengan Kawasan Wisata Kolam Susuk, jadi untuk rehat dari sepulangnya ‘berswafoto’ di lokasi Patung Bunda Maria, Anda bisa beristirahat bersama keluarga di Wisata Kolam Susuk yang sudah tersedia gazebo yang unik disepanjang pinggir kolam.

Kumpulan Foto Instagram di Lokasi Patung Bunda Maria Teluk Gurita. 

Cukup sampai disini review mengenai Patung Bunda Maria Teluk Gurita Atambua,Destinasi Wisata Favorit di 2020. Salam Berwisata.

 

0

0

Happy

Happy

0 %

Sad

Sad
0 %

Excited

Excited
100 %

Sleppy

Sleppy

0 %

Angry

Angry
0 %

Surprise

Surprise
0 %

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: