MONEY IS POISON (UANG ADALAH RACUN)

Read Time2 Minute, 16 Second

OPINI – Jangan mengajarkan anak cucu kita untuk membudayakan korupsi dalam kehidupan mereka, karena korupsi adalah penyakit yang sulit untuk disembuhkan, ajarkan mereka ilmu pengetahuan serta budaya atau adat istiadat yang lebih baik…!!!

Saat ini pola korupsi  terjadi dimana-mana, khusunya Kabupaten yang baru dimekar, yaitu Kabupaten Malaka di Nusa Tenggara Timur, akhir-akhir ini banyak media yang menghebohkan masyarakat malaka

Sebanyak 9 orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan tindak pidana korupsi, karena salah menggunakan anggaran, hingga merugikan uang negara sebesar 4,9 miliar rupiah, entah uang sebesar itu digunakan untuk apa, apakah untuk membahagiakan keluaraga ataukah untuk membagiakan kehidupan mereka sendiri.

Kasus bawang merah Malaka sedang hangat diperbincangkan di masyarakat di Kabupaten Malaka nu, yang dilakukan oleh para tersangka bisa kategorikan suatu perbuatan yang berjemaah.

Bahkan dilakukan bersama-sama untuk merampas uang negara, perbuatan tersebut merupakan suatu perbuatan melawan hukum atau memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan atau perekonomian Negara hal ini dicantumkan dalam Undang-Undang nomor 20 tahun 2001 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Negara Republik Indonesia diidealkan dan dicita-citakan oleh the founding fathers sebagai suatu Negara Hukum (Rechtsstaat/The Rule of Law). UUD 1945 Pasal 1 ayat (3) menegaskan bahwa “Negara Indonesia adalah Negara Hukum” bukan negara sabu-sabu, Tidak ada manusia yang kebal hukum di dunia ini, apabila para tersangka betul-betul merampas uang negara, aparat penegak hukum segera menindak para pelaku sesuai dengan aturan hukum yang belaku di negara ini.

Jangan membiarkan pencuri uang rakyat berfoya-foya diluar tanpa ada rasa kesadaran dan kasian kepada masyarakat, negara membayar mereka untuk bekerja dan melayani masyarakat bukan untuk mencuri uang rakyat, para pelaku korupsi harus ditindak tegas agar mereka bisa sadar dengan perbuatan dan perilakunya meraka, berikan meraka kesadaran didalam jeruji beri.

Hukum yang adil perlu dijunjung tinggi karena bertujuan untuk melegitimasi kepentingan tertentu, baik kepentingan penguasa maupun kelompok tertentu karena semua orang sama dimata hukum (equality be fore the law).

perbuatan atau tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh para tersangka tersebut telah masuk dan menjadi suatu perbuatan pidana korupsi yang selama ini terjadi secara meluas seluruh indonesia, tidak hanya merugikan keuangan Negara dan daerah, tetapi juga telah merupakan pelanggaran terhadap hak-hak sosial dan ekonomi masyarakat secara luas.

Para tersangka harus ditindak tegas oleh aparat penegak hukum karena perbuatan mereka dapat digolongkan sebagai kejahatan yang luar biasa jadi penanganannya juga harus luar biasa sehingga bisa memberi efek jera bagi yang lain.

Untuk memberi efek jera bagi pelaku koruptor harus melalui suatu pendekatan karena koruptor beda dengan kejahatan yang lainnya pendekatan tersebut dikenal dengan penyitaan aset-aset dan cabut hak-hak politinya.

(Penulis; Yulianus Bria Nahak, S.H., M.H.
Advokat Peradi)

0

0

Happy

Happy

0 %

Sad

Sad
0 %

Excited

Excited
100 %

Sleppy

Sleppy

0 %

Angry

Angry
0 %

Surprise

Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: