Masuknya Bawang Merah Brebes Ke Malaka,Petugas Karantina Tumbuhan Kawal Ketat.

Read Time1 Minute, 14 Second

Timorpost.com – Malaka – Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang Melakukan Pengawasan Ketat Terkait Masuknya Bibit Bawang Merah Brebes ke Kabupaten Malaka.

Pantauan Timorpost.com Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang, wilayah Wini TTU petugas teknis karantina tumbuhan, melakukan pengawasan serta pelepasan bibit bawang merah brebes di Betun (1/8/19)

Vinsesnsius Nino Petugas Karantina Tumbuhan Wilayah Wini Kabuaten TTU mengatakan, sebagai petugas karantina tumbuhan hanya melakukan pengawasan masuknya tumbuhan dari luar provinsi.

“Pengawasan yang dilakukan misalnya terhadap aspek kesehatan dan keamanan pangan yang telah dilakukan secara konsisten dan sesuai dengan prosedur peraturan perundangan yang berlaku.

Dia menambahkan, berdasarkan amanat UU nomor 16 tahun 1992 harus dilakukan pencegahan masuk dan tersebarnya organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK).

“Petugas karantina pada masing-masing Wipayah tetap melakukan pengawasan terhadap pemasukan barang berupa tumbuhan seperti bawang merah brebes diedarkan ke kabupaten Malaka.

Sedangkan tugas karantina tumbuhan hanya melakukan pemeriksaan kesehatan dan keamanan pangan sesuai dengan dokumen persyaratan dengan dokumen persyaratan dan keamanan pangan yang diterbitkan oleh otoritas berwenang di negara asal, sesuai dengan Permentan 43 tahun 2012 tentang Tindakan Karantina Tumbuhan untuk Pemasukan Sayuran Umbi Lapis Segar ke Wilayah Republik Indonesia atau antar Provinsi.

“Ketika ada laporan dari pihak penyedia tumbuhan atau bibit, maka petugas karantina tumbuhan pada wilayah kerjanya karantina tersebut akan melakukan pengawalan ketat hingga barang tersebut tiba pada tempat tujuan.

Hal tersebut sesuai dengan prosedurnya, ketika barang masuk melalui pelabuhan Wini pihak karantina akan melakukan pengawasan ataupun hal lainnya yang diminta oleh pihak pemilik barang.(Ch/Timorpost.com)

0

0

Happy

Happy

0 %

Sad

Sad
0 %

Excited

Excited
0 %

Sleppy

Sleppy

0 %

Angry

Angry
0 %

Surprise

Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *