Connect with us

News

Korban Banjir di Kabupaten Lebak, Berharap Ada Bansos Tambahan.

Published

on

Read Time1 Minute, 21 Second

TIMORPOST.COM/LEBAK –  Banjir akibat luapan Sungai Ciberang menggenangi rumah warga enam kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten. 17.200 warga yang mengungsi membutuhkan bantuan sosial.

Sebanyak 30 Desa di Kabupaten Lebak, Banten dilanda banjir dan tanah lonsor, aktivitas lumpuh total, ribuan rumah hancur, dan 17.200 warga terpaksa mengungsi.

Cerita pilu yang menghantui warga korban banjir sejak 1 januari 2020, warga setempat kehilangan tempat tinggal, kecemasan bahkan ada yang mati kelaparan bahkan rebutan bantal.

Namun, kisah piluh warga Lebak itu seolah tertutup oleh isu tentang bajir di DKI Jakarta, dimana semua media lebih memberitakan banjir Jakarta dari pada banjir yang melandai enam kecamatan di Kabupaten Lebak.

Cerita yang memilukan ini pun datang dari Siti Khadijah, warga Desa Banjarsari, Kecamatan Lebak Gedong, Lebak, dan dua orang kepala keluarga lainnya lapar tak keruan pada Kamis lalu (9/1). Mereka sudah tak punya makanan yang bisa mendiamkan suara keroncong dari perut.

Siti dan dua keluarga itu mengungsi di sebuah rumah kosong tak jauh dari tempat tinggalnya yang rusak berat akibat banjir. Mereka tidak tinggal di posko pengungsian.

Saat stok makanan benar-benar habis, mereka lalu mendatangi posko pengungsian di GOR Futsal Desa Banjar Irigasi. Mencari bantuan makanan untuk dibawa pulang dan disantap bersama.

Namun sayang, mereka tak mendapat apa yang dibutuhkan. Petugas dan relawan tidak memberi jatah makanan lantaran Siti dan dua kepala keluarga lainnya tidak terdata sebagai pengungsi.

Hingga tiba di Posko Peduli Nahdlatul Ulama (NU). Tak peduli apakah bakal ditolak seperti di posko sebelumnya, mereka mencoba untuk meminta bantuan makanan ketimbang mati kelaparan.

Beruntungnya, Posko Peduli NU masih memiliki stok logistik yang cukup banyak. Siti bersyukur bisa memperoleh bantuan sehingga bisa bertahan hidup beberapa pekan ke depan.(Yoga/TIMORPOST.COM)

0

0

Happy

Happy

0 %

Sad

Sad
0 %

Excited

Excited
0 %

Sleppy

Sleppy

0 %

Angry

Angry
0 %

Surprise

Surprise
0 %

Continue Reading
Click to comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: