Akibat Kekurangan Pasokan Air, Sawah di Desa Umanen Lawalu “Malaka” Terancam Gagal Panen.

Read Time1 Minute, 21 Second

Timorpost.com – Malaka – Akibat kekurangan pasokan air, ratusan hektar sawah di Tolok, Desa Umanen Lawalu, Kecamatan Malaka Tengah terancam gagal panen, masyarakat minta hujan turun saat musim kemarau panjang.

Pantauan Timorpost.com (2/8/2019).
Sebagian daun tanaman berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Tanah sawah juga terlihat kering dan pecah pada puluhan hektar sawah.

Petani di Desa Umanen Lawalu, Marius kepada Timorpost.com mengatakan, kesulitan air sudah berlangsung selama dua bulan terakhir. Akibat pasokan saluran irigasi atau bendungan yang mengairi sawah di wilayah mulai kekurangan pasokan air.

“Petani yang memiliki modal cukup, memilih menyelamatkannya dengan menyedot air dari sumur bor. Namun, petani yang tidak memiliki modal memilih membiarkan tanaman mereka kering.

Akibat keluhan petani mengalami kekurang pasokan air tersebut, tokoh pemuda pada desa ini pun turut memprihatin nasib petani yang menanam padi (MT) kini, yang berada di ujung tanduk karena terancam gagal panen. Kepada Timorpost.com Rio mengatakan “Air irigasi berkurang dan tidak bisa teralir ke lahan persawahan. Tanaman padi banyak yang layu. Sekarang petani lagi pusing karena tanaman padi terancam gagal total,” katanya.

Dia mengutarakan, kekeringan yang melanda Kabupaten Malaka, khusunya di desa Umanen Lawalu, Kecamatan Malaka Tengah, diakibatkan oleh kemarau panjang dan banyak saluran irigasi yang tidak digunakan. “Kerusakan, dia mengakui di wilayah sawah ini hanya ada satu titik saluran air teknis. Masyarakat kini tengah menyelamatkan tanaman padi dengan cara pompanisasi akan tetapi hal itu bagi masyarakat yang memiliki modal lebih.

Petani sangat mengharapkan pihak pemerintah daerah bisa mencari solusi, sebab dalam tempo seminggu, jumlah areal persawahan yang mengering terus bertambah. Petani yang terancam gagal panen, sekarang berharap mendapat hujan lekas sampai meminta padi mereka bisa diselamatkan.(Ch/Timorpost.com)

0

0

Happy

Happy

0 %

Sad

Sad
0 %

Excited

Excited
0 %

Sleppy

Sleppy

0 %

Angry

Angry
0 %

Surprise

Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *